Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, May 3, 2010

Gender Diperdebatkan, Alter Sempat 'Dipingpong' Rutan

Jakarta
Alterina Hofan (32) akhirnya menghuni Rutan Pondok Bambu, penjara khusus wanita. Pria transgender yang dijerat pidana karena pemalsuan identitas ini sebelumnya sempat ditolak Rutan Cipinang karena gendernya yang menjadi perdebatan.

"Akhirnya diterima oleh Rutan Pondok Bambu pada Jumat 30 April," kata pengacara tersangka, Ibnu Siena Bantayan, Senin (3/5/2010).

Sebelumnya, Alter ditolak pihak Rutan Pondok Bambu karena berdasarkan pemeriksaan fisik, dia memiliki kelamin pria. Alter yang lahir di Jayapura ini ditahan sebagai tersangka pemalsuan identitas (menjadi pria) untuk mengawini wanita idamannya, Jane Deviyanti (23).

Ibnu mengatakan, sebelum ditahan, kliennya menjalani pemeriksaan tes DNA di RS Polri. Hasil tes DNA membuktikan bahwa Alterina adalah perempuan.

"Awalnya dia dititipkan di Rutan Cipinang," katanya.

Namun Rutan Cipinang menolaknya karena identitas Alterina yang tertera di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) adalah seorang perempuan. Kejati DKI lalu menitipkannya di Rutan Pondok Bambu pada awal Januari 2010. Namun, Rutan Pondok Bambu menolaknya lantaran Alterina secara fisik memiliki alat kelamin pria.

Sejak itu, Alterina ditahan di Kejati DKI. Alterina baru dititipkan di Rutan Pondok Bambu pada Jumat, 30 April lalu.

Ibnu menegaskan kliennya adalah seorang pria, bukan perempuan. Karena menurutnya, berdasarkan pemeriksaan dr Mun'im Idris, ahli forensik RS Cipto Mangunkusumo, Alterina adalah laki-laki.

"Dia (Alter) memang sejak lahir adalah laki-laki. Dan menurut dr Mun'im, dia hanya memiliki penyakit yang khusus menyerang pria yang disebut sindroma klinefelter," jelasnya.

Sindroma klinefelter adalah bayi laki-laki terlahir dengan kelebihan 1 kromosom X. Pria dan wanita biasanya memiliki 2 kromosom seks. Wanita mendapatkan 2 kromosom X, 1 dari ibu, 1 dari ayah.

Pria mendapatkan 1 kromosom X dari ibu dan 1 kromosom Y dari ayah. Pria dengan sindroma klinefelter biasanya memiliki kelebihan kromosom X sehingga mereka memiliki 3 kromosom seks, yaitu 2 kromosom X dan 1 kromosom Y. Sindroma ini ditemukan pada 1 di antara 700 bayi baru lahir.

sumber: detiknews.com Senin, 03 Mei 2010

No comments:

Post a Comment