Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Thursday, May 13, 2010

Dua Teroris Terpidana Mati Dipindahkan ke Nusa Kambangan

Jakarta
Pemindahan dua terpidana mati kasus terorisme , Rois dan Hasan, dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, menuju Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah berdasarkan instruksi mendadak dari Menteri Hukum dan Ham kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, kemarin (12/5).

"Pemindahan karena perintah dari Pak Menteri kemarin sore, supaya kedua pidana mati tersebut segera dipindah ke Nusa Kambangan," Kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, I Wayan Sukerta, Kamis (13/5).

Wayan mengaku tak tahu alasan pemindahan. Dia langsung berkoordinasi dengan pasukan dari Detasemen Khusus 88, setelah mendapat perintah dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Patrialis Akbar.

Saat ditanya mengenai apakah kepindahan dua narapidana tersebut terkait dengan penggrebakan teroris di Cawang-Cikampek yang berlangsung kemarin, serta Solo pada hari ini. Wayan hanya menjawab , "Saya kurang tahu, mungkin rencana pemindahannya sudah lama tapi pas saat ini momentnya tepat dengan pemberantasan teroris tersebut," kata Wayan.

Dua terpidana mati terorisme yang dipindah tersebut adalah Iwan Dharmawan Mutho alias Rois dan Achmad Hasan alias Agung Cahyono yang dijatuhi pidana mati akibat pengeboman di Kedutaan Besar Australia pada September 2004 lalu.

Rois dan Hasan ditangkap pada November 2004, dan dijatuhi pidana mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada September 2005 yang semula ditempatkan di Blok 3 Lapas Cipinang, kini sedang terbang menuju Blok Khusus dengan Pengamanan Maksimal di Lapas Nusa Kambangan , Cilacap.

Saat pemindahan berlangsung, tidak ada pihak keluarga yang mengantar Rois maupun Hasan. Hal tersebut, menurut Wayan, dikarenakan pihak keluarga belum mengetahui pemindahan anggota keluarganya yang kini berstatus teroris tersebut.

Pemindahan terjadi pada pukul 10.45 siang tadi, kedua narapidana tersebut dikawal dengan lima orang anggota Densus 88 yang berseragam lengkap dan membawa senjata laras panjang menuju ke Pusat Logistik Mabes Polri yang berada sekitar 500 meter dari lapas cipinang, untuk kemudian terbang dengan Helikopter berwarna biru milik Polri menuju Lapas Nusa Kambangan.

sumber: tempointeraktif.com Kamis, 13 Mei 2010

No comments:

Post a Comment