Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Friday, March 12, 2010

Narapidana Kasus Narkoba di Lapas Sidoarjo Mendapat Perhatian Khusus

Sidoarjo
Lembaga Pemasyarakatan Sidoarjo memberikan perhatian khusus bagi narapidana dan tahanan kasus narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba). Pemberian perhatian khusus itu bersamaan dengan penyelenggaraan Hari Bakti Pemasyarakatan di Lapas tersebut.

Mereka dilatih mengendalikan diri untuk bisa menjauhi obat-obatan berbahaya. Mereka juga didampingi oleh relawan selama masa penyembuhan. "Mereka menjalani rehabilitasi agar bisa menghentikan kecanduannya," kata Kepala Lapas Ajub Suratman, Selasa (9/3).

Dari 737 penghuni Lapas, sekitar 50 orang di antaranya merupakan narapidana dan tahanan yang terlibat kasus narkoba.

Bekerjasama dengan Yayasan Harapan Permata Hati Kita (Yakita) dan Badan Narkotika Provinsi Jawa Timur, digelar berbagai acara. Di antaranya lomba pembuatan poster, kampanye anti narkoba dan HIV/AIDS, serta sosialisasi bahaya narkoba dan penyakit HIV/AIDS.

"Para pecandu narkoba di Lembaga Pemasyarakatan selama ini kurang tersentuh," kata Abid, ketua panitia lomba poster dengan tema love or drugs. Ia mengkhawtirkan, jika para narapidana tak diperhatikan akan menyebarkan penyakit HIV/AIDS.

Salah seorang narapidana peserta lomba poster, Muhammad Toha mengaku bangga bisa ikut mengkampanyekan bahaya narkoba dan penyakit HIV/AIDS kepada penghuni lainnya. "Jangan ulangi kesalahan yang sama di masa mendatang," kata bekas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sidoarjo ini.

Poster hasil karya para narapidana ini dipamerkan di aula lembaga pemasyarakatan. Sedangkan tiga karya poster terbaik mendapat hadiah dan penghargaan dari Badan Narkotika Provinsi Jawa Timur.

sumber; tempointeraktif.com Selasa, 9 maret 2010

No comments:

Post a Comment