Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, March 22, 2010

Menkumham Targetkan Realisasi Lapas Khusus di 2011

Bandung
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Patrialis Akbar menargetkan untuk merealisasikan program lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus pada tahun 2011.

"Program pemerintah sudah ada namun belum terealisasi, targetnya kemungkinan tahun 2011," kata Patrialis Akbar di Bandung, Selasa (16/3).

Patrialis mengatakan, program lapas khusus itu menempatkan penghuni lapas berdasarkan tindak pidana kejahatan yang dilakukan setiap narapidana, seperti teroris, koruptor, perampokan, serta pembunuhan. Ia mengaku sudah menyiapkan program itu sejak awal 2010, namun terbentur masalah anggaran yang tidak mencukupi sehingga Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan memanfaatkan anggaran pada tahun 2011.

Menteri asal Partai Amanat Nasional (PAN) itu mencontohkan, pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp1 triliun untuk Kemenkumham, namun anggaran itu hanya cukup untuk sebagian program pembenahan lapas.

"Anggaran untuk lapas di seluruh Jawa Barat saja menghabiskan dana sekitar Rp80 miliar," ujarnya seraya menambahkan Kemenkumham memberlakukan penggunaan anggaran secara bertahap tiap tahunnya.

Namun demikian, Patrialis menyatakan program lapas khusus itu membutuhkan proses yang panjang mulai dari perencanaan, pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), proses lelang hingga pembangunan konstruksi.

Hingga saat ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Lapas Kemenkumham masih menggabungkan narapidana dari berbagai pelaku tindak pidana di setiap lapas di Indonesia, namun penempatannya per blok. Tercatat jumlah total penghuni lapas yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia pada tahun 2010 mencapai 131.029 orang.

sumber: inilah.com Selasa, 16/03/2010
The Blind Side

No comments:

Post a Comment