Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Sunday, April 4, 2010

Menkumham: 20 Lapas Dibangun 2010

Bogor
Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan, dalam tahun ini pemerintah akan membangun 20 lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Satu dari 20 lapas yang akan dibangun tersebut adalah Lapas Paledang Bogor. Pembangunan lapas baru untuk mengurangi kepadatan disejumlah lapas yang ada di Indonesia.

"Insyallah tahun 2010 ini pembangunan lapas baru akan dilakukan, sekitar 20 lapas salah satunya lapas Paledang," ujar Patrialis usai menghadiri Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Bogor, Sabtu.

Patrialis mengatakan, bahwa saat ini proses pembangunan lapas sudah dalam tahap akan dibangun, karena proses pembebasan lahan sudah dilakukan.

Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Bogor yang telah menghibahkan lahan seluar empat hektar untuk pembangunan lapas baru.

Menurut Patrialias, kondisi di Lapas Paledang sudah tidak manusiawi lagi. Dimana jumlah penghuni lapas sudah melebihi kapasitas yang tersedia.

"Kondisi lapas Paledang sudah tidak manusiawi lagi, penghuni lapas menumpuk, satu sel yang harus isinya 11 orang kini diisi 20 orang. Bagaimana menumpuknya dan ini harus segera di rubah. Dengan pembangunan lapas baru, hendaknya penghuni lapas juga mendapatkan pelayanan lebih baik," ujarnya tanpa menyebutkan bulan kapan pastinya akan dibangun.

Sementara itu, kepala Lapas Paledang, Suwarso mengatakan, bahwa saat ini jumlah penghuni lapas sebanyak 1.040 orang sementara kapasitas Lapas sebanyak 600 orang.

Menurut Suwarso, dua bulan yang lalu, penghuni lapas sempat berkurang menjadi 900 orang namun karena mendapat kiriman dari Lapas Depok dan Lapas Cibinong.

"Jumlah penghuni lapas saat ini sebanyak 10.40 orang, dua bulan lalu sempat menyusut jumlahnya tapi karena mendapat kiriman dari Depok dan Cibinong, penghuni lapas kembali bertambah," ujarnya.

Suwarso mengharapkan pembangunan lapas baru segera dilakukan untuk meminimalisir padatnya jumlah penghuni lapas Paledang.

Asisten Tata Praja Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat mengatakan proses hibah lahan oleh pemerintah kota Bogor telah dilakukan seluas empat hektar.

"Pemkot Bogor telah menghibahkan lahan seluas empat hektar untuk pembangunan lapas baru di kawasan Pasir Jambur, Kecamatan Bogor Utara," ujar Ade.

Ade mengatakan, keterlibatan Pemkot dalam pembangunan Lapas baru hanya sebagai hibah lahan saja, sedangkan untuk pembangunan dilakukan oleh Kementrian Hukum dan HAM.

Rencananya pembangunan lapas baru dilahan seluas enam hektar, sisa dua hektar merupakan lahan milik masyarakat yang saat ini kata Kepala Lapas Suwarso prosesnya sedang melakukan pengukuran dan perhitungan.

Suwarso menambahkan, lapas rencananya akan dibangun memiliki kapasitas 1.000 orang dengan menelan dana pembangunan sebesar Rp 60 miliar.

Lapas baru tersebut rencananya akan dijadikan lembaga pemasyarakatan sedangkan Lapas Paledang yang lama akan dijadikan rumah tahanan (rutan).

sumber: antara.co.id Sabtu, 3 April 2010
The Big Short: Inside the Doomsday Machine

No comments:

Post a Comment