Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Tuesday, February 16, 2010

Mandela Undang Sipir Penjara

Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan Nelson Mandela yang pernah mendekam di penjara pemerintahan aparteid Afrika Selatan selama 20 tahun, mengundang mantan sipir penjara saat ia ditahan untuk merayakan ulang tahun ke-20 kebebasannya dalam sebuah acara makan malam spesial.

Pemenang penghargaan Nobel Perdamaian itu menghabiskan 27 tahunnya di penjara dibawah pengawasan aparteid kelompok kulit putih, terutama di Robben Island tidak jauh dari Cape Town. Kebebasannya pada 11 Febuari 1990 menandai perjalanan Afrika Selatan menuju demokrasi.

Christo Brand adalah sipir penjara Robben Island namun ia berteman dengan Mandela. Mandela menuliskan dalam memoirnya hal itu “menguatkan keyakinannya pada kemanusiaan mendasar bahkan bagi mereka yang menahannya dibalik jeruji.”

Brand termasuk dalam kelompok kecil yang diundang ke rumah Mandela Rabu malam untuk makan malam dengan mantan istrinya Winnie Madikizela-Mandela, anak perempuannya Zindzi dan para aktivis anti-aparteid terkemuka.

Dalam pesta itu Brand bertanya pada Mandela, seorang petinju di masa mudanya, jika ia masih berlatih, menurut kantor berita Sapa.

“Itu tidak mudah, namun saya melakukan sewaktu-waktu. Saya merasa saya mulai tua. Waktu seperti terbang, Saya tidak terlalu khawatir,” kata Mandela yang berusia 91 tahun.

Zindzi Mandela mendokumentasikan acara itu dalam sebuah film dokumenter yang bertajuk “Percakapan Tentang Hari Itu”, yang dia rencanakan pada perayaan pekan depan.

sumber: matanews.com Sat, Feb 6, 2010

No comments:

Post a Comment