Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Wednesday, February 17, 2010

Inilah Puisi untuk Presiden SBY Itu

Fajar (17) memang masih meringkuk di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Anak Kelas II A di Tangerang, Banten. Sehari sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono berkunjung ke lapas itu pada Selasa (16/2/2010) ini, pikirannya campur aduk. Bahkan, ia tidak bisa tidur.

Entah kenapa, tangannya kemudian tergerak mencoret-coretkan kata-kata di atas selembar kertas. Jadilah sebuah puisi yang kemudian dia hadiahkan kepada Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono yang berkunjung ke kelasnya.

Puisi dengan judul Malam Gelap karya dadakannya itu ternyata mendapat simpati dan apresiasi dari Presiden. Dan, selembar coretannya itu akhirnya dibawa oleh SBY sebagai hadiah.

Inilah puisi itu:

"Jeritan Hati di Malam Gelap Nan Sunyi dari Lapas Anak Tangerang"

Malam gelap tiada bulan bintang-bintang berkedip-kedip
Laksana mata bening putri raja
Aku terbangun dari mimpi-mimpi indahku
Tiada pelukan hangat ibuku
Tiada kata-kata berharga dan berwibawa dari ayahku
Beliau-beliau sudah dipanggil Allah ke alam baka, Jadilah aku anak yatim piatu

Aku sangat menyesal atas tingkah lakuku yang sesat
Memalukan dan melanggar hukum
Aku tak sengaja tanganku menjadi kreatif
Mengambil sana-sini yang bukan hak ku
Akhirnya aku terdampar di ruang lapas anak ini

Allah Maha Penolong...
Pengasuh dan guru-guruku di sini sangat baik amat sayang terhadap kami semua
Tapi rasanya aku tak sepenuhnya bersalah keadaan mamaksa aku
Bukan salah bunda mengandung hanya nasib buruk pinta

Aku bukan penjahat kecil
Tapi aku anak-anak yang khilaf dan sesat
Karena tanpa bimbingan dan asuhan dari orang-orang dewasa
Kini aku sadar..
Ingin bebas dari lapas selama-lamanya..
Aku bertekad jadi anak yang baik, seperti anak-anak yang lain sehat dan ceria

Sesuai petuah Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono
Yang berbunyi: Jadilah anak Indonesia yang cerdas dan terampil, berwatak mulia, baktikan dirimu untuk kemajuan dan kebesaran bangsa Indonesia
Tekad ku kini hanya satu: Aku bisa Karena hidup harus dilanjutkan.


Coretan yang hanya satu lembar, dibungkus map warna biru, dan dibaca oleh Fajar sendiri banyak membuat haru para pejabat. Tak terkecuali Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono.

SBY berpesan agar semua kembali menjadi anak baik dan bisa berkumpul dengan keluarga.

sumber: nasional.kompas.com Selasa, 16 Februari 2010

No comments:

Post a Comment