Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, November 8, 2010

151 Penghuni LP Narkotika Pakem Diungsikan di Lapas Yogyakarta

Jakarta
Letusan Gunung Merapi yang tiada henti mengakibatkan sekitar 151 narapidana narkotika yang terletak di Kecamatan Pakem, Sleman, diungsikan ke Lapas dan Rutan Yogyakarta. Mereka diungsikan sejak seminggu yang lalu.

"Betul, saya ungsikan seminggu yang lalu. Saya memang melakukan tindakan preventif. Kalau sekarang pasti terlambat," kata Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan Kanwil DIY, Kristiadi, saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2010).

Sementara, para karyawan LP Narkotika Pakem yang jumlahnya sekitar 75 orang, mulai hari ini juga tidak dipekerjakan di LP Pakem. Mereka diperbantukan ke Lapas Wirogunan dan Rutan Yogyakarta.

"Pegawai semua di-BKO-kan ke Lapas Wirogunan dan Rutan Jogja. Jadi saat ini LP Pakem kosong. Kemarin mereka masih aktif, tapi mulai hari ini semua turun karena sudah gawat," imbuhnya.

Jarak LP Narkotika Pakem ini jaraknya dengan puncak Gunung Merapi sekitar 12-13 kilometer. Kondisi LP tersebut saat ini berwarna putih tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi.

"Kemarin saya datang ke sana. Kondisinya tertutup debu Merapi," ujarnya.

Sementara, untuk Lapas Sleman hingga saat ini masih belum diungsikan karena menurut Kristiadi kondisinya masih belum membahayakan.

"Yang belum saya ungsikan di Lapas Sleman. Di sana jaraknya dengan puncak Merapi 20-an kilo lebih, jadi masih aman. Kalau di Pakem 12-13 kilometer," katanya.

Dia belum bisa memastikan sampai kapan para penghuni LP Narkotika Pakem akan dibawa lagi ke tempat semula. Semuanya tergantung kondisi Gunung Merapi. "Kan tidak bisa diprediksi sampai kapan," tutupnya.

sumber: detiknews.com, Jumat, 05/11/2010

No comments:

Post a Comment