Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Sunday, December 26, 2010

Revitalisasi 63 Lapas Ditargetkan Kelar 2011

Bekasi
Kementerian Hukum dan HAM menargetkan proses revitalisasi 63 bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang tersebar di Indonesia rampung pada awal 2011.

"Hal ini terkait dengan sejumlah keluhan Lapas dan Rutan yang melebihi kapasitas," ujar Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM RI, Untung Sugiyono, usai pemberian remisi bagi narapidana Nasrani di Lapas Kelas IIA Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/12).

Menurut dia, program revitalisasi 63 bangunan Lapas dan Rutan tersebut merupakan program yang telah dimulai sejak 2008 melalui anggaran pusat.

"Penyelesaian revitalisasi 63 bangunan ini mudah-mudahan selesai awal 2011. Seluruhnya tersebar di Indonesia sementara di Jawa Barat di antaranya di Cilegong, Bandung, dan Banjar," ujarnya.

Untung mengatakan, revitalisasi bangunan tersebut akan menghasilkan sekitar 10.000 ruangan baru guna mengatasi persoalan daya tampung Lapas dan Rutan.

"Hingga kini, 50 bangunan di antaranya sudah rampung dilaksanakan. Sementara 30 bangunan Lapas dan Rutan baru akan kita mulai 2011," ujarnya.

Bangunan baru itu di antaranya berada di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Alasannya, bangunan Lapas Kelas IIA Bekasi di Simpang Bulak Kapal, Bekasi Timur, sudah tidak ideal menampung narapidana di wilayah kota dan kabupaten Bekasi.

"Kemungkinan pembangunan Lapas Cikarang akan memakan waktu tiga tahun. Sebab, anggarannya dialokasikan secara bertahap," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan dan Pembinaan Lapas Klas IIA Bekasi, Mahrus, menyambut baik kabar itu. "Hingga kini proses pematangan lahannya sudah mulai dilakukan dan pembangunan tersebut di atas lahan seluas 4,5 hekatare," katanya.

sumber: metrotvnews.com, Sabtu, 25 Desember 2010

No comments:

Post a Comment