Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Wednesday, June 29, 2011

Lapas Bekasi Tingkatkan Bimbingan Agama Untuk Narapidana

Bekasi
Lembaga Pemasyarakatan Bulak Kapal, Bekasi, Jawa Barat bekerja sama dengan sejumlah Pondok Pesantren yang ada di wilayah setempat terus meningkatkan bimbingan keagamaan terhadap para narapidana.

"Bimbingan keagamaan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembinaan rohani dan mencegah terjadinya aksi anarkisme. Selain itu juga difokuskan untuk mengembalikan jati diri narapidana," ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bekasi, Basmanizar, di Bekasi, Senin (27/6).

Basmanizar mengatakan, bimbingan tersebut diberikan rutin kepada para narapidana agar mereka bisa menyadari kesalahan dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Serta bisa beradaptasi dengan cepat saat ke luar dari Lapas.

Bimbingan yang diberikan, kata dia, seperti belajar mengaji Al Quran, dzikir dan istigozah setiap malam Jumat, dan membiasakan sholat berjamaah, ikuti kuliah tujuh menit (Kultum) yang disampaikan oleh narapidana secara bergantian.

"Pola lainnya adalah dengan menerapkan kebijakan yang humanisme sehingga menciptakan suasana yang harmonis antar sesama narapidana maupun dengan petugas, sehingga tercipta kekeluargaan yang erat tanpa adanya permusuhan," kata dia.

Selain itu, pembekalan pelatihan bagi napi juga diberikan sesuai dengan keahliannya masing-masing, agar selama di dalam Lapas dapat mengisi waktu dengan kegiatan positif. Diharapkan, nantinya bermanfaat jika sudah selesai menjalani masa hukuman.

Menurut Basmanizar, saat ini jumlah narapidana di Lapas Bekasi mencapai 1.776 orang, yang didominasi oleh pelaku Narkoba. Dengan jumlah petugas sebanyak 138 orang. "Jumlah napi dan petugas tidak sebanding. Kapasitas daya tampung juga sudah tidak memadai," kata dia.

Untuk mengatisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas, petugas secara rutin menggelar razia ke kamar-kamar narapidana. Sampai sejauh ini belum ditemukan adanya kasus peredaran dan penggunaan Narkoba di dalam lapas.

sumber: mediaindonesia.com, Selasa, 28 Juni 2011

No comments:

Post a Comment