Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Friday, June 10, 2011

Dibutuhkan 4000 Sipir Lapas

Jakarta
Pemerintah pusat tetap memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk menjadi tenaga sipir. Dibukanya peluang bagi lulusan sekolah kejuruan ini menyusul banyaknya kebutuhan tenaga lapas di seluruh Indonesia.

Menurut Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN-RB Ramli Naibaho, kebutuhan tenaga lapas yang diusulkan Kementerian Hukum dan HAM adalah 8 ribu orang. Yang sudah terpenuhi baru separuhnya, yakni 4 ribu orang.

"Pemenuhan tenaga lapas tetap menjadi prioritas pemerintah sejak 2007. Tahun ini juga demikian, apalagi banyak lapas yang masih kekurangan tenaga sipirnya," kata Ramli di Jakarta, Kamis (9/6).

Untuk mengurangi tindak anarkis di dalam penjara, Kemenpan-RB akan ikut menetapkan kriteria penerimaan. Di antaranya calon sipir harus mempunyai kematangan psikologis dan sosilogis. Tujuannya agar sipirnya memiliki jiwa mendidik dan bukan membuat tahanan tambah buruh perilakunya.

"Kita selalu berupaya agar tahanan yang keluar perilakunya lebih baik, karena itu tenaga sipirnya harus punya jiwa mendidik. Sudah beberapa tahun ini kita menetapkan tenaga lapas paling rendah DII psikologi atas S1 umum tapi punya pengetahuan tentang psikologi dan sosiologi," tuturnya.

Ditanya kuota tenaga lapas tahun ini, Ramli mengatakan, diupayakan sekitar 700 lebih untuk ditempatkan di seluruh Indonesia. "Memang masih 4 ribu, tapi kan tidak mungkin kita penuhi tahun ini. Harus tetap secara bertahap dan sebisa mungkin tahun ini kuotanya kita lebihkan karena tenaga lapas menjadi prioritas," pungkasnya.

sumber: www.jpnn.com, Kamis, 9 Juni 2011

No comments:

Post a Comment