Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Tuesday, February 22, 2011

Cegah Napi Jalankan Narkoba, Lapas Pasang Perekam

Jakarta
Banyaknya tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang mengendalikan bisnis narkoba membuat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS) meningkatkan pengawasan terhadap tahanannya.

Untuk menekan angka pemakaian dan pengendalian narkoba di lapas, Kasubid Pencegahan dan Penindakan DitjenPAS Bambang Sumardiono berjanji pihaknya akan selalu memantau secara rutin segala aktivitas tahanan yang diduga terlibat dalam bisnis haram tersebut.

Salah satunya adalah pemasangan jammer dan alat perekam itu. Alat tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap tahanan agar mereka tidak leluasa untuk berkomunikasi dengan pihak luar termasuk mengendalikan bisnis narkoba.

"Beberapa lapas kita pasang jammer dan alat perekam untuk merekam pembicaraan yang kita anggap mencurigakan. Jadi, kalau ada indikasi, kita koordinasi dengan polisi," jelasnya.

Meski demikian, Bambang menegaskan pengawasan tetap ada di kepala lapas, dengan menggelar operasi rutin atau insidentil.

"Pengawasan ada di kepala keamanan LP, yang dilakukan adalah melakukan operasi baik yang sifatnya rutin maupun insidentil," ujar Bambang, Selasa (22/2).

Untuk itu, menurut Bambang, pihaknya sudah membentuk satgas yang berkoordinasi dengan institusi lainnya termasuk kepolisian untuk mencegah dan menindak tegas para tahanan yang terbukti memakai dan atau mengendalikan jaringan narkoba dari dalam LP.

"Jadi sekarang kita bentuk satgas yang di dalamnya ada Polri. Kita sering bekerja sama dengan polisi untuk menggungkap kasus-kasus yang melibatkan tahanan," ucap Bambang.

Sementara itu, Bambang mengaku instansinya telah melakukan tindakan tegas bagi anggotanya yang terbukti telah membantu peredaran narkoba di LP. "Selama 2010 saja sudah 28 orang yang dipecat karena membantu peredaran dan pemakaian narkoba di LP," ucapnya.

sumber: mediaindonesia.com, Selasa, 22 Februari 2011

No comments:

Post a Comment