Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, January 25, 2010

Menkumham Jamin Pembinaan Narapidana Lebih Manusiawi

SIDOARJO - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Patrialis Akbar merencanakan pembinaan narapidana di dalam lembaga pemasyarakat dengan menjunjung hak asasi.

Sehingga pembinaan tak hanya dilakukan dengan pelakukan perubahan aturan hukum. Jaminan ini diberikan kepada seluruh narapidana, untuk mendapat perlakuan yang lebih manusiawi. "Mungkin selama ini terabaikan," katanya saat mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya, Jawa Timur di Porong kabupaten Sidoarjo, Jumat (22/1).

Kini, Kementrian Hukum dan HAM tengah merencanakan bentuk pola pembinaan yang tepat dan bisa dilaksanakan di lembaga pemasyarakatan. Ia juga menjamin tak akan ada lagi perlakukan kasar para sipir lembaga pemasayarakatan terhadap tahanan.

Ia mencontohkan, selama ini para narapidana juga menjalani pembinaan mental dan spiritual. Diantaranya dengan memberikan bimbingan rohani sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Setiap lembaga pemasyarakatan juga menyediakan masjid, gereja dan rumah ibadah lainnya. Bahkan, Lapas Kraksaan Probolinggo mendirikan pondok pesantren At-Taubah yang santrinya terdiri dari narapidana dan tahanan. Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meminta agar para narapidana belajar agama secara serius.

Agar, saat usai menjalani hukuman justru bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. "Syukur kalau ada yang menjadi ustad," katanya sambil tertawa.

sumber: tempointeraktif.com Jum'at, 22 Januari 2010

No comments:

Post a Comment