Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Thursday, January 21, 2010

Hujan Deras, Tiga Napi Kabur


Tangerang
Tiga narapidana (napi) kabur dari Lembaga Pemasyaraatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang, dengan memanfaatkan hujan lebat, Selasa (19/1) dini hari. Para napi yang menempati Blok B2 penampungan itu kabur dengan merusak pintu jeruji besi, lalu melewati benteng tembok menggunakan bambu.

Ketiga napi itu adalah M Rojali, Rahematin, dan Kusnadi. Mereka merupakan napi kasus pencurian dan perampokan yang telah menjalani masa hukuman selama 1 tahun.

“Mereka kabur dengan cara merusak jeruji besi yang sudah keropos,” ujar Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, P Kunto Wiryanto, Selasa (19/1).

Dijelaskan Kunto, pihaknya menemukan pintu jeruji besi dalam kondisi rusak serta bambu di peternakan bebek yang berada di area lapas itu tersandar ke tembok lapas. Kemungkian bambu itu digunakan untuk memanjat tembok. Selain itu, sehelai jaket ditemukan terikat di sebuah kayu yang digunakan untuk membantu napi turun dari tembok.

Ketiga napi kemudian kabur melalui pintu pos III, bagian selatan lapas, dan menelusuri sawah di Kampung Buaran Indah.

Sebanyak enam dari 21 petugas jaga yang berdinas pada saat itu masih menjalani pemeriksaan. Mereka terdiri atas komandan jaga dan wakilnya, petugas blok B, dan petugas pos III.

“Kemungkinan di pos III itu tidak ada penjaganya. Karena, kalau hujan di pos III itu tempias,” ujar Kunto.

Menurut dia, kaburnya tiga napi itu tak terlepas dari keterbatasan jumlah personel lapas serta kondisi bangunan lapas yang sudah mulai rusak. Lapas ini dibangun tahun 1924, sehingga banyak jeruji besi yang sudah keropos karena termakan usia.

“Dengan penghuni sebanyak 2.060 orang, seharusnya dibutuhkan 34 personel yang siaga setiap malamnya,” kata Kunto.

sumber: surya.co.id Kamis, 21 Januari 2010

No comments:

Post a Comment