Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Tuesday, March 13, 2012

Pentas Maha Ibu, Libatkan Pemain Mantan Tahanan Anak

Surabaya
Pentas teater Maha Ibu garapan sutradara Zainuri yang dijadwalkan bakal pentas di Kota Jombang kemudian ke Kota Surabaya, melibatkan sejumlah anak-anak yang nota bene bekas penghuni sel tahanan LP Jombang.

Keterlibatan mereka bukan tanpa alasan, karena naskah yang digarap Zainuri tersebut setidaknya memang menceritakan bagaimana sebenarnya anak-anak didalam penjara atau tahanan berperilaku serta menjalani hidup sehari-hari saat menebus kesalahan yang pernah dilakukannya.

"Mereka sengaja kami libatkan karena merekalah sebenannya yang tahu dan yang pernah merasakan dinginnya tembok penjara serta kerasnya kehidupan dibalik jeruji penjara tersebut. Itulah mengapa mereka kami libatkan," terang Zainuri pada suarasurabaya.net.

Selain anak-anak itu secara langsung pernah terlibat atau menjadi pelaku tindak kejahatan yang kemudian harus merasakan kehidupan penjara, mereka juga merupakan generasi muda yang kehilangan jati diri dan kesempatan hidup lebih baik.

"Dengan terlebih dulu mendengarkan bagaimana cerita mereka saat didalam penjara menghabiskan hari-harinya, kami kemudian mencoba menuangkannya dalam bentuk naskah pementasan sekaligus melatih mereka untuk tampil, semoga ini menjadi bagian terapi buat mereka," lanjut Zainuri.

Dijadwalkan pentas teater Maha Ibu dengan pemain anak-anak bekas penghuni penjara anak Jombang, pada 24 Maret 2012 tampil perdana di Kota Jombang tepatnya di gedung Besut, Jombang dilanjutkan dengan pementasan dui Kota Surabaya.

Sebelumnya, Nuri atau nama lengkapnya Zainuri sukses mementaskan naskah drama yang juga melibatkan beberapa pemain asal LP Medaeng, dalam lakon Rasanya Seperti Baru Kemarin, juga bercerita bagaimana para napi menghabiskan waktunya didalam penjara.

"Kali ini justru saya mengajak anak-anak ikut bermain. Yaitu anak-anak bekas penghuni penjara anak di Kota Jombang. Mudah-mudahan ini menarik dan memberikan pesan untuk masyarakat, bagaimana kondisi penjara atau rumah tahanan untuk anak-anak," tuntas Zainuri ketika berbincang dengan suarasurabaya.net.

sumber: suarasurabaya.net, Senin, 12 Maret 2012

No comments:

Post a Comment