Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Wednesday, March 14, 2012

7 Penjara yang Kini Jadi Hotel Keren

Malmaison, Oxford
Mungkin penjara identik dengan bangunan yang menyeramkan dan minim lubang cahaya. Tapi, beberapa bangunan penjara berhasil disulap menjadi hotel yang keren! Tentu akan membuat sensasi menginap yang berbeda bagi tamunya.

Di seluruh dunia, mayoritas penjara dibangun pada masa penjajahan. Hal ini terkait dengan fungsinya, yaitu sebagai tempat tahanan militer. Sekarang, penjara lebih banyak digunakan sebagai rumah para tahanan kriminal. Namun atmosfernya masih sama: gelap, sempit, dan mencekam.

Eits, tahan dulu imajinasi Anda tentang penjara seperti yang dipaparkan di atas. Buktinya, beberapa penjara berhasil disulap menjadi hotel yang unik dan keren, mulai dari hostel hingga hotel kelas atas nan mewah. Pastinya akan membuat sensasi menginap yang berbeda kepada siapa pun tamunya, termasuk Anda!

Inilah 7 hotel keren bekas bangunan penjara yang tersebar di beberapa negara, dilansir dari situs telegraph.co.uk, Rabu (14/3/2012):

1. Four Seasons Sultanahmet (Istanbul, Turki)
Siapa yang tak kenal Four Seasons? Ini adalah jaringan hotel kelas dunia yang terkenal dengan hotel-hotel mewahnya. Begitu pula dengan Four Seasons Sultanahmet, yang bangunan penjaranya masih dilestarikan dengan baik.

Atmosfer mewah masih terasa di tiap sudutnya. Lapangan yang dulu tak terawat sekarang menjadi tempat makan malam romantis luar ruangan, sementara menaranya diisi oleh elevator. Four Seasons Sultanahmet berhasil menyatukan bangunan asli penjara dengan konsep neoklasik ala Turki yang menawan.

2. Malmaison (Oxford, Inggris)
Sulit rasanya membayangkan sebuah bangunan penjara menjadi tempat pernikahan favorit di Kota Oxford. Ya, Anda tidak salah baca. Oxford Prison yang ditutup pada 1996 berubah menjadi Hotel Malmaison yang romantis.

Sel-sel penjara diubah menjadi kamar tamu yang indah, sementara beberapa tempat penyiksaan menjadi kantor manajemen yang indah. Jembatan-jembatan penghubung dari kaca, kamar dengan unsur kulit yang dominan, serta pencahayaan yang dibuat temaram menyatu dalam sebuah bangunan tua yang indah.

3. Jailhotel Lowengraben (Lucerne, Swiss)
Pihak hotelnya mengatakan bahwa ini adalah "Penjara di Swiss yang tak ingin Anda tinggalkan!". Jailhotel Lowengraben adalah hotel dengan bangunan yang dipermak seminim mungkin. Tiap sudut bangunannya masih sama, hanya diperbaiki dan dicat agar lebih nyaman.

Di sini, Anda juga bisa memesan kamar suite dengan harga mulai dari 140 Poundsterling (sekitar Rp 2 juta), tentunya ada juga pilihan yang lebih murah. Anda juga bisa bersantai di bar bernama "Alcatraz".

4. Celica (Ljubljana, Slovenia)
Situs lonelyplanet.com pernah mendaulat hotel ini sebagai "Hippest Hostel in the World". Penjara militer ini dibangun pada tahun 1882 silam. Ada keunikan tersendiri pada hotel ini, yang membuat para wisatawan datang lintas benua hanya untuk menginap walau sehari.

20 Kamar yang tersedia didesain oleh arsitek yang berbeda. Tak hanya arsitek, seniman juga ikut andil dalam perombakan sel penjara ini. Anda akan menemukan atmosfer yang berbeda di tiap kamarnya. Seru kan?

5. Ottawa Jail Hostel (Ottawa, Kanada)
Pada 1862-1972 silam, Carleton County Gaol adalah rumah bagi para penjahat kriminal kelas kakap. Kondisinya sama sekali tidak manusiawi, 150 orang tahanan hidup di sel sebesar 1x3 meter. Tanpa toilet, dan tanpa penghangat sama sekali.

Sekarang, bangunan ini diubah menjadi Ottawa Jail Hostel dengan mempertahankan sebagian besar bangunan asli. Sel-selnya dirombak menjadi lebih besar, dan beberapa bagian diperbaharui agar lebih nyaman. Anda juga bisa berselancar dunia maya lewat koneksi WiFi di tiap kamarnya.

6. Alcatraz Hotel (Kaiserslauten, Jerman)
Ketika tiba di hotel ini, Anda akan dihadapkan pada dua opsi yaitu 'cell room' dan 'comfort room'. Ruangan yang nyaman adalah yang disebut terakhir itu. Namun, apalah arti menginap di bekas bangunan penjara jika tak mencoba 'cell room'?

Sel-sel diubah menjadi kamar dengan tempat tidur yang nyaman. Namun, Anda masih bisa merasakan atmosfer penjara lewat jeruji besi yang masih terjaga, serta berbagi fasilitas toilet dengan para tamu lainnya. Di sini tersedia pula piyama loreng khas penjara, serta sarapan yang biasa disajikan untuk para tahanan.

7. The Liberty Hotel (Boston, Amerika)
Hampir tak ada tamu yang sadar, mereka tengah menginap di bekas bangunan penjara paling terkenal di Kota Boston. Dulunya, bangunan ini menjadi rumah bagi penjahat kelas kakap kota ini. Begitu memprihatinkannya kondisi bangunan ini hingga pada 1972 silam pemerintah AS menutup penjara ini.

Hingga akhirnya 30 tahun kemudian, penjara ini disulap menjadi hotel yang sangat indah dan mewah. The Liberty Hotel punya atmosfer sejenis hotel-hotel mewah lainnya seperti The Plaza.

sumber: detik.com, Rabu, 14/03/2012

No comments:

Post a Comment