Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Tuesday, March 27, 2012

Menkumham Puji Lapas Nusakambangan

Cilacap
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin menilai program pembinaan bagi narapidana penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, berjalan dengan baik.

"Saya lihat secara simultan, seluruh lapas yang saya kunjungi itu ada program pembinaannya. Saya melihat ini dikelola dengan baik dan tentunya yang tahu ada kekurangan atau tidak itu adalah saudara-saudara dari pers," kata Menkumham kepada wartawan, disela kunjungan ke sejumlah lapas, di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Sabtu (24/3/2012).

Menkumham mengatakan setelah melakukan kunjungan ke Nusakambangan, kegiatan pembinaan di lapas di Pulau Nusakambangan tidak seperti apa yang dibayangkannya.

"Ini pertama kali saya ke sini dan apa yang semula ada di gambaran saya, ternyata lebih baik apa yang saya temukan daripada apa yang saya bayangkan," katanya.

Dalam kunjungan ke Pulau Nusakambangan, Menkumham yang didampingi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemkumham Sihabudin mendatangi sejumlah lapas, antara lain Lapas Pasir Putih yang menerapkan sistem pengamanan super maksimum atau super maximum security.

Selain itu, Menkumham juga mengunjungi Lapas Kembang Kuning. Di tempat ini, Menkumham melihat beberapa kegiatan pembinaan yang ditujukan bagi warga binaan, antara lain budi daya ikan, melukis dengan bahan pasir pantai, dan pembuatan pot/vas bunga.

Sementara saat mengunjungi Lapas Narkotika, Menkumham beserta rombongan disambut musik kentongan yang dimainkan warga binaan setempat. Selain itu, Menkumham berkesempatan mengunjungi kawasan industri Lapas Narkotika berupa unit-unit kegiatan pembinaan bagi warga binaan, antara lain industri batik, konveksi, jamur tiram, keset, dan gula semut.

Sementara di Lapas Batu, Menkumham berkesempatan membuka tirai papan nama Pondok Pesantren Attaubah Lapas Batu sebagai tanda dimulainya kegiatan pembinaan keagamaan bagi warga binaan lapas ini.

Kunjungan Menkumham di Pulau Nusakambangan diakhiri dengan penanaman pohon di sekitar Lapas Batu.

sumber: inilah.com, Sabtu, 24 Maret 2012

No comments:

Post a Comment