Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, October 25, 2010

Napi di Rutan Bangil Ikuti Lomba Baca Teks Pancasila

Pasuruan
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, ratusan narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Bangil, Kabupaten Pasuruan, mengikuti lomba membaca teks Pancasila dan Sumpah Pemuda, Senin (25/10/2010).

210 Narapidana ini mengikuti lomba agar mereka lebih cinta dan bangga kepada tanah airnya. Selain diajak menghafalakan kedua teks, para narapidana juga diberi pemahaman tentang isi yang terkadung dalam kedua teks tersebut.

"Ini dimaksudkan agara para napi punya bekal mental jika keluar tahanan nanti, agar tidak mudah dihasut pihak-pihak lain untuk merongrong dan menteror negaranya sendiri," kata Kepala Rutan (Karutan) Kadiyono, Senin (25/10/2010).

Dia menambahkan, maraknya para teroris karena orang-orang sudah tidak punya rasa cinta dan bangga pada negerinya. Dan bila para narapidana sudah keluar nanti, mereka tidak terjerat dalam bujukan dan ajakan orang-orang seperti itu. "Mereka harus punya benteng kuat agar tidak gampang dihasut," lanjut Kadiyono.

Di lokasi tampak para narapidana bergantian maju menampilkan kemampuan menghafal kedua teks. Para penghuni rutan sesekali terlihat tertawa saat ada peserta yang tak hafal dan tak beraturan mengucapkan teks Sumpah Pemuda dan Pancasila.

Bahkan, salah seorang peserta nekat keluar dari lomba karena malu tak bisa menghafalnya. Meski begitu, sebagaian besar narapidana mengaku bangga dan senang bisa mengikuti lomba tersebut. "Ya senang mas. Bagi saya itu (menghafal teks Sumpah Pemuda dan Pancasila) gampang-gampag susah," kata salah seorang narapidana saat berbincang dengan wartawan di sela-sela lomba.

sumber: detikSurabaya Senin, 25/10/2010

No comments:

Post a Comment

Post a Comment