Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Thursday, August 4, 2011

Ada Napi yang Khusyuk, Ada Pula Gelisah

ilusi
Makassar
Sudah tiga puasa dijalani Yakub alias Lakube di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar. Dari 13 tahun masa hukumannya, tiga tahun sudah suka duka ia rasakan bersama teman-teman narapidana yang lain.

Tak ada perbedaan suasana bagi Yakub. Di bulan Ramadan ini, pria berusia 43 tahun itu, akan lebih khusyuk menjalankan ibadah. Di bulan tersebut pula ia dapat mengkhatam Alquran hingga berkali-kali. "Selepas salat magrib, salat isya dan salat tarawih, saya lanjutkan dengan tadarus Alquran. Ini rutin saya lakukan. Sejak mendiami lapas ini saya merasa semakin dekat dengan Allah," ungkap pria yang dihukum karena pembunuhan tersebut.

Walau jauh dari keluarganya, Yakub yang mengaku mempunyai seorang anak bernama Muhammad Nursyam menjalani hari-harinya berpuasa seperti biasa saat belum masuk penjara. Ia juga tetap melaksanakan aktivitas rutinnya di Lapas yang terletak di Jalan Sultan Alauddin Makassar tersebut.

Saat pukul 03.00 Wita, ia bersama teman-temannya akan sahur bersama, kemudian salat subuh. "Pagi kami biasa berolahraga, tidak banyak yang berubah. Teman-teman di sini juga saling menghormati, saya rasa di sini damai-damai saja," tambah pria yang berasal dari Kabupaten Pinrang ini.

Selain Yakub, ada ratusan narapidana lain yang merasakan suka duka berpuasa di Lapas. Bagi mereka yang telah lama berada di tempat tersebut, suasana Ramadan yang jauh dari sanak keluarga bukan lagi menjadi sebuah masalah, tetapi bagi mereka yang baru, Ramadan akan sedikit terasa lebih berat.

Peduli dengan keadaan para narapidana tersebut, PKPU Makassar kembali mengadakan "Ifhor In The Jail" bertema Bahagiakan Napi dengan Berbuka Puasa Bersama. Acara ini sebagai wujud kepedulian lembaga kemanusiaan dan amil zakat untuk berbagi bersama.

"Ramadan adalah bulan ampunan, Allah swt yang maha pengampun memberikan ampunan kepada setiap hamba-hambanya yang berdosa. Maka, alangkah baiknya jika sifat pengampun juga kita tanamkan dalam diri dan diterapkan kepada saudara kita yang sedang menerima hukuman di balik penjara," jelas Kepala PKPU Cabang Makassar, Mohammad Yusuf.

Acara tersebut digelar, Selasa 2 Agustus. Selain buka puasa bersama narapidana ada beberapa program rutin PKPU yakni belanja bareng yatim piatu, sebar Quran Nusantara, Edukasi Zakat dan lain sebagainya.

sumber: fajar.co.id, Rabu, 03 Agustus 2011

No comments:

Post a Comment