Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Wednesday, January 5, 2011

Menkumham: Petugas Lapas Tak Terlibat Kasus Joki Napi

Jakarta
Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan berdasarkan penyelidikan sementara, petugas Lembaga Pemasyarakatan Bojonegoro, Jawa Timur tak terlibat dalam kasus penukaran tahanan di lapas tersebut. “Petugas lapas hanya menerima dari eksekutor. Eksekutornya tentu pihak kejaksaan,” kata Patrialis di kantornya, Selasa 4 Januari 2011.

Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM, kata dia, masih intensif menyelidiki perkara ini. “Apakah protapnya sudah terpenuhi?” ujarnya. Tapi, berdasarkan informasi kepala kantor wilayah, penyerahan narapidana sudah dilakukan sebagaimana mestinya.

Kementeriannya juga segera berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk menyelesaikan persoalan ini. Menurut dia, harus ada aturan jelas soal tata cara penyerahan narapidana dari jaksa ke lembaga pemasyarakatan.

Kasus joki napi di Bojonegoro tebongkar setelah tetangga narapidana datang menjenguk ke penjara. Mereka kaget sebab narapidana yang disodorkan petugas bukan Kasiem, tetangga mereka, melainkan Karni. Belakangan, Karni mengaku dibayar Kasiem Rp 10 juta untuk menggantikannya mendekam dalam tahanan.

Menurut Patrialis, eksekusi narapidana oleh jaksa, semestinya dilakukan langsung oleh Jaksa Penuntut Umum yang menangani perkara. “Sebab jaksa itu yang kenal wajah narapidananya,” kata dia. Bila dilakukan orang lain, petugas tersebut harus menyerahkan juga surat pengantar dan foto resmi narapidana. “Nanti kami yang mencocokkan."

sumber: tempointeraktif.com, Selasa, 04 Januari 2011

No comments:

Post a Comment