Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Tuesday, November 10, 2009

pantai





P A N T A I

I N D R A M A Y U





Ada beberapa tempat seperti pantai di daerah Indramayu. pantai ini berada di ujung utara dan timur kabupaten Indramayu. yah..dikarenakan posisinya terletak paling ujung antara utara dan timur Jawa Barat.
ada pantai Song, pantai Balongan, pantai Tirtamaya, pantai Eretan, dan masih banyk lagi pantai yang belum disebutkan. karena itu sudah jadi umum masyarakatnya pun berprofesi sebagai nelayan.

pantai yang sebagian disebutkan di atas, letaknya dekat dengan ibukota daerah di Indramayu. sebut saja pantai Balongan yang berada berdekatan dengan daerah wisata teknologi Pertamina Balongan. dari itu lah kenapa masyarakat setempat menamakannya dengan Pantai Balongan.

selain di Balongan, ada juga obyek wisata Tirtamaya yang tak jauh letaknya dari Balongan, yakni di desa Juntinyuat.

banyak sekali yang datang ke pantai tersebut meski hanya untuk melihat ombak pantai yang begitu tenang mengalir bersautan. terutama untuk muda-mudi yang datang di pagi hari, berusaha untuk tidak mau melewatkan sunrise.

tak mau kalah, di siang harinya, mulai dari kerabat keluarga hingga karyawan dan pegawai instansi pun banyak yang datang untuk melihat pemandangan itu. kebanyakan dari mereka memanfaatkan moment mereka sembari menikmati makanan khas dari laut, karena tidak sedikit pula rumah makan ikan bakar yang berjejer disana, siap menyajikan hidangan beraroma seafood..

kemudian ada yang di daerah Eretan, ada juga yang di daerah Karang Song yaitu Pantai Song. Pantai song dekat sekali dengan Tempat Pelelangan Ikan, yakni TPI Karang Song, tempat dimana transaksi lelang ikan terjadi.

dan masih banyak lagi pantai dimana masyarakat setempat memanfaatkan profesinya sebagai nelayan. namun sebagian besar pantai di Indramayu telah semakin terkikis oleh ombak yang kian hari bertambah maju, sehingga hanya sebagian dari pantai-pantai itu tidak dapat kita nikmati pasirnya. ya...abrasi yang kian hari memakan pasir pantai kita.

sekarang kita semua tahu, apa yang terjadi pada saat abrasi itu terus menerus memakan pantai kita. pertanyaannya, adakah yang sudah kita perbuat untuk pantai kita???

No comments:

Post a Comment