Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Monday, December 21, 2009

Kanwil Depkumham Jabar Akan Tambah Senjata untuk Petugas Lapas


Kepala Kantor Wilayah Depkumham Jabar Dhani H Kusumapradja akan berkoordinasi dengan Dirjen Depkumham untuk menambah kekuatan penjagaan lapas, termasuk persenjataan.

"Akan dikoordinasikan dengan Dirjen untuk menambah kekuatan," kata Dhani saat meninjau Lapas Sukamiskin, Minggu (20/12/2009).

Penambahan kekuatan tersebut dari mulai personel keamanan dan persenjataan yang akan digunakan untuk menjaga keamanan lapas.


"Ancaman bisa datang kapan saja, baik dari luar atau dalam," ujarnya.

Lapas Sukamiskin sendiri, imbuh Kakanwil, memiliki dua senjata api yang biasa digunakan oleh penjaga. Namun, saat peristiwa terjadi korban sedang tidak dilengkapi senjata.

"Mungkin tidak akan mengira kejadian seperti ini," tuturnya.

"Akankah dilakukan sweeping ke penghuni lapas?" tanya wartawan.

"Pasti dilakukan setelah ada insiden ini," kata Dhani.

Sementara itu, Kapolres Bandung Timur AKBP Victor Manoppo mengatakan, pihaknya telah menyita beberapa barang bukti terkait insiden penembakan yang mengena petugas lapas, antara lain, baju petugas, pisau yang diduga digunakan napi Rasit Darwis saat melawan petugas, dan satu mortir senjata.


Besuk  hari minggu ke Lapas di STOP


Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Depkumham Jabar Dedi Rustadi menyatakan, pihaknya akan menghentikan izin besuk di hari Minggu. Putusan ini dikeluarkan pasca insiden penembakan yang menimpa petugas Lapas Sukamiskin oleh rekanan napi.

"Mulai Minggu depan izin besuk Hari Minggu akan dihentikan," kata Dedi saat dihubungi wartawan, Minggu (20/12/2009).

Sesuai dengan persyaratan izin besuk hari libur Sabtu-Minggu yang tertera di papan pengumuman pintu lapas, jam besuk dibuka mulai pukul 8.30 WIB-11.30 WIB.

"Izin besuk hari libur biasanya diberikan sebagai toleransi bagi keluarga yang jauh," kata salah seorang petugas Kanwil Depkumham Jabar yang enggan disebutkan namanya.

sumber: detikBandung Minggu 20 Des 2009

No comments:

Post a Comment