Cool Blue Outer Glow Pointer

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Thursday, April 12, 2012

APEL SIAGA PETUGAS PEMASYARAKATAN DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENKUMHAM JAWA BARAT

(sumber: jabar.kemenkumham.go.id)
Bandung
10 April 2012, bertempat di Lapangan Gazibu Bandung berlangsung acara Apel Siaga Petugas Pemasyarakatan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-48 Dilingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Acara dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sihabuddin, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Sam L. Tobing, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat M. Nasir Almi, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat Anang Pratanto, Kepala UPT Se-Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat Putut Eko Bayuseno, Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara, Pangdam III Siliwangi Sony Widjaja, Perwakilan Walikota Bandung, dan Kepala Divisi dilingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Apel Siaga Petugas Pemasyarakatan ini dipimpin oleh Direktur Jenderal PAS Sihabuddin.

Dalam Laporannya saat Apel Siaga, M. Nasir Almi menyampaikan maksud dan tujuan apel siaga ini yaitu untuk menumbuhkembangkan semangat dan kecintaan terhadap Korps Pemasyarakatan dan menumbuhkembangkan semangat persatuan dan kesatuan jajaran Pemasyarakatan di Jawa Barat serta menumbuhkembangkan semangat kerja keras dan pofesionalisme pelaksanaan tugas-tugas pemasyarakatan dalam rangka penegakan hukum dan HAM. Begitu pula dengan sambutannya Sihabuddin menyatakan bahwa Apel Siaga ini merupakan upaya untuk menyatukan tekad, menguatkan komitmen dan meningkatkan semangat serta integritas moral dan profesionalisme intelektual petugas pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas. Di dalam sambutannya Sihabuddin juga berpesan agar selalu panjatkan Sejuta Doa Untuk Pemasyarakatan atas apa yang telah dialami Jajaran Pemasyarakatan belakangan ini.

“Tetap rapatkan barisan dan satukan semangat untuk Pemasyarakatan yang lebih baik.” pesan Sihabuddin.

Setelah sambutan berakhir, dilakukan pemberian penghargaan kepada 28 orang petugas pemasyarakatan yang telah berjasa dalam mencegah penyelundupan Narkoba kedalam Lembaga Pemasayarakatan/Rutan. Pemberian penghargaan langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan didampingi Direktur Jenderal PAS Sihabuddin, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Sam L. Tobing, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat M. Nasir Almi, dan Perwakilan Walikota Bandung, dan Kepala BNNP Anang Pratanto. Dalam rangkaian acara Apel Siaga ini, juga diisi acara keterampilan dari para Petugas Pemasyarakatan dalam menggunakan Borgol dan Tongkat T (Tonfa) sebagai alat pertahanan diri saat apabila terjadi kerusuhan didalam Lembaga Pemasyarakatan. Selain itu, acara diisi dengan iringan musik (Marching Band) dari para Taruna AKIP. Rangkaian acara terakhir dilakukan pemotongan rambut sebagai acara pemeriksaan DNA dan sekaligus pemeriksaan Urine dalam rangka mendeteksi Narkoba. Pemeriksaan pertama diwakilkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat M. Nasir Almi, diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Banceuy Agus Toyib dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Dewa Putu Gede. Pemotongan rambut dilakukan oleh Direktur Jenderal PAS Sihabudin, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Sam L. Tobing dan Kepala BNNP Jawa Barat Anang Pratanto. Pemeriksaan dilakukan langsung ditempat dengan menggunakan peralatan yang ada pada Mobil Was Internal PAS (Mobil pemeriksaan Urine dan DNA dengan alat-alat lengkap). Dari hasil pemeriksaan yang ada, pegawai/petugas yang diperiksa dinyatakan bebas Narkoba.

Setelah Apel Siaga Direktur Jenderal PAS Sihabuddin dan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Sam L. Tobing menyempatkan diri berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sekaligus memberikan pengarahan dan pesan kepada seluruh petugas pemasyarakatan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Dalam pengarahannya Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Sam L. Tobing berpesan agar para petugas Pemasyarakatan selalu tegar dan tidak mudah jatuh dalam godaan yang dapat merusak citra Lembaganya serta tidak lupa menjalankan ibadah sesuai keyakinan masing-masing sebagai kekuatan iman kita sehingga tidak mudah tergoda oleh pihak yang mau menjatuhkan kita. Pada kesempatan lainnya Direktur Jenderal PAS Sihabuddin mengeluarkan statement bahwa Apel Siaga Jawa Barat sangat menggelegar dan mengulas balik pesannya saat sambutan di Apel Siaga yaitu agar seluruh pegawai/petugas Pemasyarakatan tetap satukan semangat, satukan tekad serta menguatkan komitmen, integritas moral dan meningkatkan profesionalisme intelektual diri kita.

“Jangan Menyerah untuk sesuatu yang benar dan semoga Pemasyarakatan tetap Jaya!” ujar Sihabuddin. Menutup pengarahannya Sihabuddin mengajak seluruh petugas Pemasyarakatan yang hadir untuk menyerukan Yel Pemasyarakatan dengan semangat.

sumber: jabar.kemenkumham.go.id, Selasa, 10 April 2012

No comments:

Post a Comment